Langsung ke konten utama

Facebook Canvas

Apa itu Facebook Canvas?
18 SEPTEMBER · PUBLIK
Di dunia online, kecepatan adalah faktor penting yang selalu jadi obsesi dari setiap pemilik web. Sebab begitu mudahnya bagi seorang pengunjung untuk pergi atau merasa frustrasi tatkala singgah pada sebuah laman yang lamban terbuka.
Sebuah studi dari Gomezcom menyebutkan lebih dari separoh pengguna internet menginginkan sebuah web terbuka kurang dari 2 detik. Sementara studi lain dari Akami mengatakan bila sekitar 3/4 pengunjung tak akan pernah kembali ke sebuah web yang mengharuskan mereka menunggu lebih dari 4 detik.
Setiap detik tambahan waktu loading adalah penurunan konversi sebesar 7%.
Dan jika itu iklan, tentu nilainya akan semakin runyam.
Beruntung, sebagai sebuah platform online ads paling mutakhir, Facebook selalu memahami apa yang diperlukan oleh para pengguna dengan menghadirkan solusi beriklan yang dapat memangkas jarak waktu antara pesan iklan dan audience yang dituju, tetapi tetap terlihat menarik sehingga dikatakan mampu membuat pengunjung tak hanya menyimak secara seksama melainkan juga seakan menjadi bagian dari iklan tersebut: CANVAS.
Facebook Canvas

Apa itu Facebook Canvas?

Canvas merupakan salah satu ad creative yang disediakan oleh Facebook disamping format konvensional yang selama ini sudah kita kenal yakni Images (gambar) dan Videos, atau creative lain yang khas Facebook seperti Carousel dan Collection.
Kata kunci dari Canvas adalah seamless, yaitu pengalaman akses iklan fullscreen nan menarik dan interaktif pada perangkat mobile yang transisinya begitu halus serta sangat ngebut (diklaim 10x lebih cepat dibandingkan mobile web standar) sampai-sampai nyaris tak dirasakan oleh pengguna.

Canvas untuk apa dan siapa?

Meski sedemikian futuristiknya (sama halnya dengan Carousel atau Collection), secara prinsip ternyata tidak semua campaign dan advertiser cocok apalagi wajib menggunakan Canvas dalam iklan mereka.
Supaya lebih jelas, berikut uraian ringkasnya:
- Cocok bagi yang tidak memiliki website - dibandingkan membuat creative dengan space terbatas pada status dengan mencantumkan kontak, Canvas mampu memuat gambar yang jauh lebih menarik dan informasi yang jauh lebih banyak.
Selain itu, Canvas juga dapat menghadirkan tombol CTA seperti kontak WA/SMS/Email yang mendukung auto invite/auto chat/auto format isi yang akan memudahkan pelanggan. Di atas kertas, hal tersebut seharusnya bisa meningkatkan konversi.
- Cocok untuk target pengguna mobile - meski saat ini traffic mobile adalah sebuah keniscayaan, nyatanya tak semua produk dan layanan pas dengan traffic mobile yang sifatnya tunggal. FYI, Canvas hanya berjalan pada perangkat mobile saja.
Sebagian mungkin membutuhkan traffic yang dikombinasikan dengan pengguna desktop, sebagian yang lain mungkin hanya membutuhkan traffic dari desktop saja.
- Cocok untuk brand awareness - Canvas merupakan media yang pas untuk kebutuhan memperkenalkan brand dengan desain fullscreen yang amat menarik untuk dilihat disertai area yang relatif luas untuk kebutuhan storytelling. Tujuannya tentu supaya merek dan pesan yang disampaikan memberikan kesan positif dan lengket di kepala mereka yang melihatnya.
Brand Awareness Canvas by Coca-cola
- Cocok sebagai showcase dan atau prelander - ruang dalam Canvas yang lapang membuatnya pas sebagai etalase, termasuk bagi toko online serta prelander untuk kebutuhan edukasi/introduksi produk atau layanan yang ingin ditawarkan sebelum dilungsurkan ke landing page utama.
Canvas dapat memuat video, image dan text, dengan penggunaan yang ramah terhadap jemari: swipe, scroll, tap, tilt to pan.
Showcase Canvas

Bagaimana cara membuat Canvas?

Canvas telah mengalami cukup banyak perubahaan dari sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 lalu. Dengan tambahan berbagai macam fitur di dalamnya, Canvas yang sesungguhnya semakin oke ternyata juga semakin membingungkan.
Nah, supaya agak terang, berikut beberapa tips dan cara untuk membuatnya:
  • Canvas hanya dapat dibuat melalui Page, bukan dari akun profile biasa.
  • Untuk membuat Canvas langsung pada Page, pilih menu Publishing Tools yang ada di kanan atas (1) kemudian klik Canvas yang terletak di menu sidebar kiri paling bawah (2).
Canvas on Page
  • Selain dengan cara diatas, Canvas juga dapat dibuat tatkala membuat iklan (dalam contoh ini saya menggunakan ads manager). Caranya dengan memilih objective, kemudian pada Ad gunakan “Fullscreen Experience” (1) lalu contreng box “Add a fullscreen Canvas” (2).
Canvas on Ads Manager
  • Cara paling mudah untuk membuat Canvas adalah dengan memanfaatkan template yang sudah ada dengan melakukan editing menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita miliki.
  • Secara default, Facebook menyediakan 3 jenis template untuk 3 kebutuhan berbeda: (1) Get New Customers, (2) Showcase your business dan (3) Sell products. Meski terlihat sederhana, ketiga templates tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk dipakai.
  • Serupa dengan tipe iklan lainnya, tentu saja kita harus menyediakan desain/image dan konten text secara mandiri. Facebook memberikan panduan cukup lengkap mengenai cara untuk membuat Canvas yang baik dan benar di halaman help: https://canvas.facebook.com/help
  • Bagi pengguna yang lebih expert, Canvas dapat dibuat menggunakan “advanced canvas builder” yang juga telah disediakan oleh Facebook, termasuk Blank Canvas yang memungkinkan kita untuk membangunnya dari nol.
Blank Canvas
Next, saya akan menunjukkan step by step cara untuk membuat Canvas secara sederhana beserta LIVE previewnya dengan memanfaatkan template yang sudah tersedia.
Sekarang mbok ya LIKE dan pencet tombol SHARE dulu ^_^

Semoga bermanfaat,
RA

Komentar

  1. Hallo kawan, salam kenal.

    untuk ukuran cambar utama canvas berapa sich? karena begitu canvas di beranda fb, gambar berubah ukuran. makasih atas sharingnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan dan kerugian menggunakan MCN

KEUNTUNGAN BERGABUNG MCN pada dasarnya dalam mengembangkan sebuah channel youtube milik kita tidak ada cara khusus untuk bisa terkenal secara instan dan cepat,dalam membangun sebuah channel diperlukan kesabaran dan kreatifitas,namun dalam perkembangan MCN sendiri,saat ini banyak youtuber Indonesia maupun luar yang ikut dalam program MCN,dengan mempertimbangkan manfaaat dan keutungan bergabung dengan MCN antara lain,lebih kebal terhadap banned youtube,lebih kebal dengan masalah hak cipta,walaupun terdapat sengketa terkait masalah hak cipta MCN kita nanti akan membantu untuk memenangkan sengketa tersebut,tapi bukan berarti kita bisa reupload video seenaknya, walaupun bergabung dengan MCN tetap dilarang untuk menggunakan trik tersebut,dan satu hal yang pasti adalah system pembayarn yang lebih simpel dan cepat. Lebih cepat disini karena kita tidak harus memiliki akun adsense,tidak perlu menunggu PIN google yang tak kunjung datang,dan yang paling menyenangkan ketika payout kita tidak

Pertanyaan sekitar puasa Daud

Q & A PUASA DAUD 1. Apa itu puasa Daud dan bagaimana cara melakukan puasa Daud? Cara melakukan puasa Daud sama persis seperti Anda menjalankan puasa Ramadhan hanya niatnya saja yang berbeda dengan cara sehari berpuasa dan sehari tidak. One day on, one day off. Niat Puasa Nabi Daud dalam bahasa Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى  NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA  Arti Bahasa Indonesianya:  Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta'ala Anda boleh meniatkannya dalam bahasa Indonesia atau Arab. 2. Mas Dian kalau puasa Daud Senin Rabu Jumat saja apakah bisa? Aturan puasa Daud sangat jelas yaitu sehari puasa sehari tidak tapi kalau untuk tahap latihan sih tidak masalah, nanti kalau kuat harus dawam/rutin/ konsisten sehari puasa sehari tidak. Namun boleh berhenti lalu melanjutkan kembali karena nilai puasa ini hanyalah sunnah bukan wajib. Namun afdhol jika rutin menjalankannya sepanjang tahun. “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa

Foto-foto Hiroo Onoda, Prajurit Yang Menolak Untuk Menyerah, 1974

Page 1 of 8 1 2 › » jakeluhrs Kaskus Addict  17-07-2017 14:25 #1 Foto-foto Hiroo Onoda, Prajurit Yang Menolak Untuk Menyerah, 1974 Letnan Hiroo Onoda, dengan pedang di tangan, berjalan keluar dari hutan di Pulau Lubang setelah bergerilya selama hampir 29 tahun lamanya. 11 Maret 1974 Letnan Hiroo Onoda adalah salah satu orang yang paling terkenal di Jepang, seorang prajurit yang terus bersembunyi di Pasifik Selatan selama beberapa tahun setelah Perang Dunia II berakhir. Seorang perwira intelijen, Onoda telah berada di Lubang sejak tahun 1944, beberapa bulan sebelum Amerika menyerang dan merebut kembali Filipina. Instruksi terakhir yang dia terima dari atasan langsungnya memerintahkannya untuk mundur ke pedalaman pulau yang kecil sampai Tentara Kekaisaran Jepang akhirnya kembali. "Anda benar-benar dilarang mati dengan tangan Anda sendiri", dia diberi tahu oleh atasannya. "Mungkin diperlukan waktu tiga tahun, mungkin dibutuhkan lima, tapi apa p